Oleh : Rachmadi Widdiharto
Tulisan ini disajikan berangkat dari
cukup seringnya para peserta diklat menanyakan hal sebagaimana pada
judul di atas. Masalah ini muncul terutama pada mata Diklat Aljabar
untuk Diklat Matematika SMP. Umumnya para guru pada saat menjelaskan
kepada siswanya, lebih mengarah pada ‘pengumuman’, suatu informasi yang
harus diterima tanpa reserve, siswa kurang diajak bernalar, kenapa itu bisa terjadi, apa sebabnya?
Jika ada pertidaksamaan -2x + 3 < 7 misalnya, kemudian untuk menentukan himpunan penyelesaian ada langkah yang harus dikalikan dengan (-1/2), setelah dikalikan maka tandanya pertidaksamaannya dibalik. Kenapa harus dibalik, apa memang harus dibalik, bagaimana kalau tidak dibalik? Berikut adalah beberapa alternatif penyelesaiannya (serta remediasinya) yang mungkin bisa membantu para guru di sekolah.
Download lengkap materi artikel
Jika ada pertidaksamaan -2x + 3 < 7 misalnya, kemudian untuk menentukan himpunan penyelesaian ada langkah yang harus dikalikan dengan (-1/2), setelah dikalikan maka tandanya pertidaksamaannya dibalik. Kenapa harus dibalik, apa memang harus dibalik, bagaimana kalau tidak dibalik? Berikut adalah beberapa alternatif penyelesaiannya (serta remediasinya) yang mungkin bisa membantu para guru di sekolah.