Laman

19 September 2012

Menggambar Grafik Fungsi Matematika dengan Google

Dalam pembelajaran matematika visualisasi sangatlah penting. Dalam membuat garis misalnya, kita tentu saja perlu melihat tampilan secara visual dari garis tersebut dan tidak hanya menuliskan persamaannya. Kita tentu akan sulit membayangkan bentuk garis termasuk gradien/kemiringan dari, misalnya, persamaan 2x + 1. Dengan tampilan visual maka bentuk garis dari persamaan ini akan lebih mudah dipahami.
Menggambarkan sebuah persamaan ke dalam bentuk visual/grafik dapat dilakukan secara manual dengan dituliskan pada kertas atau papan tulis. Namun,  dengan bantuan komputer proses ini akan jauh lebih cepat, mudah dan akurat. Ada beberapa software aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik dari fungsi matematika, misalnya Microsoft Math, Microsoft Excel, Geogebra dll. Selain itu ada pula beberapa situs di internet yang menyediakan layanan untuk menggambar grafik fungsi matematika, misalnya situs Wolfram Alpha, graphsketch.com, Fooplot.com, dll.
Selain dengan menggunakan software aplikasi atau layanan khusus dari situs internet saat ini sebenarnya kita dapat juga memanfaatkan situs yang sudah familiar dengan kita, yaitu mesin pencari Google. Saat ini Google menyediakan fitur menggambarkan grafik dari fungsi yang dituliskan pada kotak pencariannya. Sebagai contoh jika kita ingin menuliskan persamaan garis di atas, yaitu 2x + 1, maka kita tinggal menuliskan persamaan tersebut dalam kotak pencarian Google dan klik tombol Pencarian Google. Dalam beberapa saat Google akan menampilkan hasil pencarian seperti biasa namun pada urutan paling atas Google akan menampilkan grafik fungsi yang kita masukkan.
Sumber : P4TK