Laman

5 September 2015

PEMANFAATAN GOOGLE SCHOLAR SEBAGAI SUMBER REFERENSI KARYA TULIS ILMIAH

Karya tulis ilmiah adalah karya tulis ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang telah disepakati, baik dan benar. Karya tulis ilmiah ditulis dengan bahasa kongkret, gaya bahasa formal, mengandung kosakata teknis dan ilmiah serta didukung oleh fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya (Abduljabar, 2012).
Dalam menulis karya tulis ilmiah dibutuhkan kemampuan berbahasa dan tata tulis yang baik serta pemahaman yang matang terhadap pengetahuan sesuai topik karya ilmiah tersebut. Adapun tambahan informasi dan fakta-fakta yang mendukungisi argument dalam karya tulis sangat dibutuhkan sebagai salah satu sisi ‘kekuatan’ suatu argument. Di sinilah salah satu manfaat keberadaan Internet sebagai sumber informasi yang takterbatas.
Seorang penulis dapat memanfaatkan Internet untuk mencari rujukan dan bahan informasi lain yang valid. Bagian ini akan membahas pemanfaatan Internet dalam penulisan karya ilmiah yang meliputi penggunaan Google Scholar sebagai mesin pencari referensi serta artikel-artikel ilmiah.
Google Scholar merupakan salah satu layanan dalam Google yang sangat bermanfaat dalam membuat karya ilmiah karena menyediakan literature ilmiah dari berbagai disiplin ilmu baik yang berupa buku, abstrak, maupun artikel.
Literatur ilmiah sifatnya lebih dapat dipertanggungjawabkan jika digunakan untuk referensi penulisan karya tulis ilmiah dibandingkan artikel-artikel lain yang umumnya belum direview.
Google Schoolar dapat dibuka di laman https://scholar.google.co.id/
Sebagai contoh kita akan mencari literatur ilmiah yang berhubungan dengan pembelajaran matematika kontekstual. Masukkan kata kunci pencarian “matematika kontekstual” dalam kotak dialog yang tersedia, lalu tekan Enter. Akan ditampilkan hasil pencarian kurang-lebih seperti ditunjukkan gambar berikut.
Untuk membatasi hasil pencarian, kita bisa menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, misalnya: “matematika kontekstual untuk SMP” atau “pembelajaran kontekstual untuk Geometri di SMA”. Sementara untuk mencari referensi yang lebih luas, kita bias menggnakan kata kunci dalam bahasa Inggris, misalnya: “contextual learning in Geometry”.
Cara lain adalah dengan membatasi tahun terbitan artikel. Misalnya dengan hanya memilih artikel tahun 2015 saja atau dengan memberikan rantang tahun 2010 sampai dengan 2015, rentang waktu ini kita masukkan dalam custom range yang tersedia. Maka hasil pencarian akan lebih spesifik.
Kita dapat mengatur pengurutan naskah berdasarkan tanggal maupun berdasarkan relefansinya dengan kata kunci yang masukkan. Kitapun bisa memilih untuk menampilkan artikel ilmiah saja atau bahkan termasuk naskah referensi (berupa sitasi saja).
Dahulu Google scholar memiliki fasilitas pencarian tingkat tinggi yaitu advanced scholar search yang memungkinkan kita mencari suatu naskah ilmiah berdasarkan nama authornya, frase yang digunakan dalam judul, maupun Negara tempat terbitnya artikel ilmiah. Namun fasilitas itu saat ini tidak ditampilkan lagi.
Setelah melakukan pencarian dengan Google Scholar, kita bisa memilih naskah yang kita perlukan dengan mengklik salah satu hasil pencarian tersebut.
Setelah kita menemukan naskah yang kita perlukan, kita dapat menggunkan naskah tersebut sebagai bahan referensi karta tulis ilmiah kita. Secara etika dalam penulisan karya ilmiah, bila kita menggunakan buah pikiran orang lain (baik yang berupa naskah maupun orasi ilmiah), kita diwajibkan mencantumkan referensi kita dalam naskah yang kita buat. Untuk mencantumkan referensi naskah yang kita ambil dari Google Scholar, terdapat fasilitas yang sangat membantu.
Perhatikan baris terakhir setiap hasi pencarian kita, di sana terdapat link cite yang bila kita tekan akan memunculkan jendela sebagai berikut:
Kita tinggal mengkopi dan menyalin salah satu standar referensi yang tersedia ke dalam naskah yang kita buat. Untuk hal ini, Google Scholar menyediakan standar referensi baik Modern Language Association (MLA), American Psychological Association (APA), maupun Chicago.

Selain itu kita bisa langsung mengimport referensi ke dalam software sitasi yang kita miliki, misalnya EndNote, RefMan, BibTex, maupun RefWork.