Laman

9 September 2015

Software Untuk Menulis Aksara jawa

Software ini dapat anda gunakan untuk menulis huruf jawa di komputer atau laptop. Software ini akan membantu kita untuk belajar bahasa jawa dengan baik dan benar, software ini bernama Hanacaraka V1.0 dan dapat didownload gratis pada blog ini, ini sudah termasuk font dan petunjuk penggunaannya.
Anda dapat belajar mulai dari tingkat pemula hingga tingkat mahir menggunakan software ini. Tampilan antarmuka software ini juga sangat sederhana dan sangat mudah dipahami, anda dapat mengajarkan pada anak yang kesulitan dalam menulis aksara jawa. Di dalam software ini, anda dapat mulai dengan melakukan pengenalan aksara jawa, sandangan, pasangan, dan lain-lainnya. Fitur yang paling menarik dari  ini adalah, adanya auto translate dari bahasa indonesia ke bahasa jawa. Jadi kita cukup menuliskan kalimat dalam bahasa indonesia, kemudian kita dapat langsung translate ke aksara jawa.
Selain semua fitur di atas, di dalam software ini juga terdapat berbagai macam latihan soal yang dapat kita gunakan untuk mengukur pemahaman kita mengenal aksara jawa. 
Spesifikasi Komputer yang dibutuhkan (konfigurasi minimum) :
- Prosesor Pentium 100 dengan RAM min 16 Mb
- Ruang HardDisk kosong minimal 50 Mb
- Monitor dengan Resolusi layar 800 x 600 High Color
- Mouse + Keyboard
- Sistem Operasi Windows 98
Cara Menginstall Program:
- Instal Hanacaraka v1.0.

- Tunggu beberapa saat dan ikuti petunjuk selanjutnya sampai dengan program selesai di install


- File readme.txt merupakan file bantuan untuk instalasi.
- Untuk Informasi mengenai penulisan aksara jawa dengan benar, kami menyertakan Pedoman Penulisan Aksara Jawa, yang berbentuk file PDF.
Berikut ini tampilan sekilas software Hanacaraka v.1.0 
Untuk yang ingin membutuhkan bisa download pada tautan di bawah ini :